Hidroponik, Solusi Terbaik Bercocok Tanam Di Lahan Sempit Perkotaan

Feature Image

Didunia pertanian atau bagi orang-orang yang memang hobi bercocok tanam, tentunya mereka sudah tidak asing lagi dengan istilah hidroponikmu. Keterbatasan lahan bukan lagi menjadi penghalang bagi mereka yang memang ingin menekuni dunia bercocok tanam. Apalagi di era modern seperti saat ini, hidroponik sistem sudah semakin canggih.

Metode hidroponikmu merupakan salah satu tekhnologi dalam bercocok tanam yang lebih melibatkan penggunaan air, serta nutrisi dan oksigen, untuk membudayakan tanaman tersebut. Bentuk pupuk yang diberikan dalam teknik ini juga berupa cairan. Sehingga larutan nutrisi dan air bisa terus tersedia untuk nantinya diserap oleh akar. Jika nanti tanaman terlihat jenuh, maka yang perlu Anda lakukan adalah memperbaharui serta menyaring air tersebut.

Apa Kelebihan Yang Akan Anda Dapatkan Dari Menerapkan Sistem Hidroponik ?

Jika dirasa media tanam hidroponik kurang memberikan manfaat, tentunya tidak akan pernah ada orang yang melakukan dan terus membudidaya tanamannya dengan cara tersebut. Padahal faktanya, sampai saat ini, sudah semakin banyak para petani yang menerapkan sistem hidroponikmu untuk membudidaya tanamannya. Berikut akan kami paparkan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari teknik penanaman tersebut.

  1. Merupakan solusi terbaik bagi Anda yang menekuni dunia bercocok tanam atau pertanian, namun tidak memiliki cukup banyak lahan untuk ditanami. Karena media tanamnya sendiri adalah menggunakan air.
  2. Penggunaan pupuk yang relative hemat sehingga biaya pembelian pun dapat ditekan.
  3. Tidak harus dilakukan penyiraman setiap hari, karena media tanamnya sudah menggunakan air. Jadi sudah bisa dipastikan tanaman mendapat pasokan air setiap harinya.
  4. Bisa diletakkan dimana saja, dan tidak terlalu memakan tempat.
  5. Tidak tergantung pada pencahayaan, karena tidak diperlukan pencahayaan yang terlalu banyak untuk membuat agar hidroponik berhasil.
  6. Hasil panen akan terlihat lebih aman dan sehat, sukar terkena hama. Karena biasanya hama dekat dengan tanah. Sehingga hal tersebut bisa membuat hasil panen Anda dijual dengan harga yang lebih tinggi.

  7. Dan yang terakhir, pertumbuhan tanamannya tergolong lebih cepat, sehingga waktu panen juga akan lebih cepat dibanding bercocok tanam dengan media tanah.

 

Beberapa Unsur Yang Harus Diperhatikan

Sebanding dengan keuntungan yang nantinya bisa Anda dapatkan, untuk melakukan hidroponikmu, Anda harus memperhatikan beberapa unsur yang sangat crusial dalam melakukan teknik bercocok tanam tersebut. Berikut adalah beberapa unsur penting tersebut.

  1. Air

Seperti yang sudah Anda ketahui, air merupakan salah satu media utama dan terpenting dalam sejarah hidroponik. Air juga yang akan menentukan apakah hasil panennya nanti terlihat subur, bagus dan segar, atau malah sebaliknya. Jadi sebaiknya, Anda rutin melakukan penyaringan jika dirasa air serta nutrisi pupuk yang tercampur didalamnya sudah tidak sehat.

  1. Media Tanam

Unsur selanjutnya adalah media tanam. Dimana Anda juga harus memperhatikan kelembaban serta unsur hara yang cukup. Dikatakan bahwa media tanam yang baik untuk teknik bercocok tanam yang satu ini adalah dengan memiliki drainasse yang bagus. Dengan begitu tanaman bisa terbebas dari zat-zat beracun yang berpotensi merusak tanaman.

  1. Unsur Hara

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanaman hidroponik harus mendapatkan unsur hara yang cukup, sehingga nutrisi tanaman dapat terpenuhi dengan sempurna. Sangat disarankan untuk memberikan larutan unsur hara secara rutin dan teratur.

  1. Oksigen

Merupakan unsur penting terakhir dalam rangkaian hidroponik. Perhatikan kadar oksigennya. Jangan sampai tanaman tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, karena hal tersebut dapat membuat dinding sel sulit ditembus. Akibatnya hasil panen beresiko layu, bahkan mati.

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Bisa Di Tanam Dirumah

Jika memang Anda bukan merupakan bagian dari lingkungan pertanian, maka tetap bisa memanfaatkan metode hidroponikmu ini untuk hasil panennya dikonsumsi sendiri. Saat ini juga sudah banyak ibu-ibu rumah tangga yang memanfaatkan metode tersebut untuk menjadikannya halaman belakang sebagai lahan berkebun mereka.

Berikut adalah referensi tanaman yang bisa Anda tanam secara hidroponik dirumah.

  1. Selada
  2. Timun
  3. Bayam
  4. Melon
  5. Tanaman Herbal
  6. Cabai

Bagi Anda yang saat ini sudah tertarik untuk bercocok tanam sendiri, kemudian kesulitan mencari benihnya, maka bisa mengunjungi toko kami di situs jual beli online tokopedia di link ini . Kami sudah menjual berbagai benih untuk tanaman hidroponik sejak tahun 2017. Dan dijamin, kami hanya menjual benih-benih tanaman berkualitas.


Share this post

Comments (0)

Login to Comment